Jumat, 15 November 2013

10 Amalan Pengantar Surga

Sahabat, sudah yakinkah kita kalau seandainya nyawa kita pada detik ini (ketika membaca artikel ini) diambil oleh Allah SWT kita pasti akan masuk surga?

Pada dasarnya ada 2 syarat yang mengantarkan manusia ke surga, yaitu : beragama islam dan tidak mempunyai dosa. Hal ini ditangkap dengan baik oleh para ulama dan sufi (baca cerita abu Nawas), Sehingga doa-doa mereka adalah " Ya Allah Ampunilah dosa-dosaku" bukan " Ya Allah masukkan aku ke surgamu". Kenapa mereka berdoa demikian?,  karena mereka tahu persis bahwa sangat mudah bagi Allah SWT menghapus dosa-dosa hambanya selama hamba tersebut menyesali perbuatan dosa-dosanya dan senantiasa berdoa untuk memohon ampunan Allah SWT. Sehingga, ketika kita sudah tidak memiliki dosa maka tiket VVIP ke surga sudah kita pegang !!!

Selain mengikuti doa para ulama, kita juga harus tahu amal apa yang bisa mengantarkan ke surga (khususnya amalan yang tidak berat). Hidup ini cuma satu kali sehingga sangat disayangkan jika sampai akhir hayat kita tidak tahu amalan apa yang bisa mengantarkan kita ke surga.

Tidak usah panjang lebar prolognya yak !!, langsung saja saya bagikan amalan sederhana yang mampu mengantarkan kita ke surga. Amiin,  Amalan- amalan yang diajarkan oleh nabi Muhammad SAW yang secara tekstual terdapat di  hadis-hadis shahihnya diantaranya adalah :

  1. Makan yang baik dan mengamalkan sunnah (HR. At- Tirmidzi : 2444)
  2. Menjawab adzan (HR Muslim : 578 ) dan (HR Abu Daud : 443)
  3. Berzikir setelah shalat dan sebelum tidur  (Memebaca subhanallah 33 kali, Alhamdulillah 33 kali, Allahu akbar 33 kali) (HR.Abu Daud : 4404, HR At-Tirmidzi : 3332, HR. Ibnu Majah :916)
  4. Rutin sholat sunnah (apapun jenis sholatnya) minimal 12 rekaat / hari (Ex : Qobliyah ( 6 rekaat), Tahajut (4 rekaat) dan Dhuha (2 rekaat). (HR. Muslim)
  5. Memperbanyak sujud (Sholat) (HR. Muslim : 754, HR. Abu Daud : 1125, HR. At-Tirmidzi : 1126, HR. Ibnu Majah :3869, HR. Ahmad : 15979)
  6. Melangkah pergi ke masjid (HR. Mutafqun 'Alaih)
  7. Menjaga mulut (berkata baik dan santun) dan menjaga kemaluan (tidak berzina). (HR. At-Tirmidzi : 2333)
  8. Memelihara anak yatim (Menanggung hidup bukan sekedar menyantuni ) (HR. Muslim : 2559 dan HR. Ahmad 19722)
  9. Memberi makan, menebar salam dan shalat malam (HR. At-Tirmidzi : 1778)
  10. Mati syahid (HR. Bukhori : 3740, HR. Muslim : 3518, HR. An Nasa'i : 3103, HR. Ahmad : 13749, HR. Malik : 885)
Sepuluh amalan diatas adalah amalan yang tertera secara jelas dalam teks-teks hadis shahih yang bisa mengantarkan kita ke surga. Pertanyaanya sekarang adalah sudah berapa persenkah  amalan tersebut yang sudah biasa kita kerjakan ????

NB : Nantikan 10 amalan lain yang mengantarkan ke surga !!!!

Sumber : Disarikan dari kajian pakar hadis KH. DR. Ahmad Luthfi Fathullah, MA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar